Kuliner

tulisan jeyjingga setelah mencoba kuliner A,B,C, DLL

Satu lagi bakso enak yang ada di Kota Malang. Sebenarnya bakso sudah bukan makanan istimewa lagi kalau di Malang. Makanan ini bisa kita temui dimana pun, bahkan di luar Kota Malang sekalipun. Namanya pun beragam, Bakso Solo, Bakso Kepanjen, Bakso Trowulan, dan lain sebagainya. Namun tetap saja bagi saya bakso Malang adalah jenis bakso paling […]

Read More

Sejak zaman SMA, kira-kira tahun 2004 Malang Kota sudah punya acara rutin tahunan yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Ijen. Konsep acaranya lucu, sehingga hampir selama tiga sampai empat tahunan acara tersebut diadakan saya tidak pernah absen untuk datang. Selain karena lokasinya berdekatan dengan rumah, tampilan dan jajanan yang disuguhkan di acara tersebut juga tidak kunjung […]

Read More

Sakau gula! Kata para ilmuwan gula lebih berbahaya daripada kokain. Yah, untuk itulah saya ingin mengawali diet pertama dengan diet gula tambahan. Ini tanda-tanda kita sudah sakau gula : Bahayanya apaa? Obesitas, kesehatan kulit, pemicu kanker, sakit jantung, dan lain-lain. Hari Pertama No Additional Sugar. So Far so good, alhamdulillah bisa menahan untuk minum yang […]

Read More

  Kemarin saya buka puasa pake bakso. Baksonya dapat beli di Lek Bakso langganan yang biasa lewat di depan rumah. Pentol isi telur puyuh, gorengan, siomay, mie dan lontong. Lalu sekejap tandas habis tak bersisa. Tapi setelah tarawih perut mulai lapar lagi dan melihat ke sekeliling, zonk dong ngga ada apa-apa (ya iyalah orang emang […]

Read More

Memasuki hari ke-empat, semakin mampat ide memasak yang singgah di kepala. Maunya yang praktis-praktis aja, no ribet dan tidak terlalu berat ketika disantap saat berbuka. Seringkali Ibu saya di rumah selalu membuat makanan yang ringan dan segar seperti sop sayur, sop ikan kuah bening, sayur bayam, cah sawi, juga sayur asam. Selain karena praktis dan […]

Read More

Pudding Cookies Peanut Butter Cream. Jadi sudah dua hari puasa kemarin saya benar-benar ngga bikin takjil. Hanya minum dengan air putih di hari pertama kemudian ngunyah kurma. Lalu hari kedua bikin lemon hangat karena cuaca yang lumayan dingin, lalu makan tahu goreng tuna satu biji. Duh gorengan lagi, pasti sudah dimarahin ustadz Zaidul Akbar nih, […]

Read More

Ada yang pernah tahu penganan ini ngga? . Sempol namanya. Di Malang sih buaaaanyaaak sekali yang jual, mulai dari sempol yang penjualnya kukunya hitam-hitam sampai yang ngegorengnya pakai penjepit dan kaos tangan dari plastik. . Tapi justru yang enak itu yang belinya dari Lek Madura dan punya kebiasaan (mungkin) lupa cuci tangan tiap bikin adonan, […]

Read More

“Lek, ronde dua ya dibungkus.” “Siap mbak, monggo duduk dulu..” Lek Ronde mempersilakanku untuk duduk di atas kursi kecil plastik di dekatnya. Bau semerbak rempah-rempah langsung terasa begitu aku duduk di dekat panci pemanas. Hmm wangi jahe. Sayang sekali aku tak suka jahe. Begitu masuk kerongkongan rasanya panas dan tidak nyaman. Padahal kata Ibu jahe […]

Read More

“Pesen mie satu ya Lek.” Disini, panggilan Lek berasal dari kata Paklek atau Bulek, meskipun tidak ada hubungan darah. Pokoknya kita panggil “Lek” aja, hehe. Entah anak sekarang, jangan-jangan panggilnya sudah ganti jadi Om mungkin? Hehe… Konon, mie ayam ini sudah ada sejak aku masih belajar berjalan. Rasa mie ayamnya tidak kalah dengan mie ayam […]

Read More