Menjalankan ibadah umroh atau haji di tanah suci bukan hanya sekadar ibadah ruhiyah. Tapi juga ibadah fisik dan mental. Itu menurut penuturan Ayah, Ibu dan kakak-kakak saya yang sudah pernah kesana beberapa kali ya. Jadi ketika ingin menunaikan ibadah umroh maupun haji, seharusnya kita pun perlu menyiapkan banyak hal, tidak hanya materi saja.

Kalau melihat fenomena sekarang tuh orang hanya peduli bagaimana kita berangkat ke tanah suci, nyaman ngga? Kira-kira di sana dapat hotel bintang 5 ngga? Kadang luput memperhatikan apakah di sana saya bisa kuat menjalani ibadah secara fisik maupun mental? Oleh karena itu saya lebih suka berangkat umroh maupun haji melalui travel agent terpercaya. Salah satunya Hana Tours.

persiapan sebelum umroh dan haji

Kita tidak hanya mendapatkan fasilitas yang mendukung ibadah kita secara materil, tapi juga secara mental dan juga ruhiyahnya. Apalagi untuk yang belum pernah sama sekali beribadah umroh atau haji seperti saya, jangan coba-coba deh untuk backpackeran.

Bekal Yang Harus Disiapkan Sebelum Umroh dan Haji

Setidaknya berikut adalah bekal yang harus kita persiapkan sebelum melaksanakan ibadah umroh atau haji. Simak ya!

  1. Pastikan agen perjalanan atau agen travelmu sudah mengantongi izin travel umroh dan haji.
  2. Jangan lupa memeriksa harga paket dan layanan ibadah umroh yang diberikan.
  3. Cek tiket dan jadwal keberangkatan, jangan sampai tidak tahu kapan berangkatnya ya.
  4. Persiapkan visa umroh (biasanya sih dibantu oleh agen juga, sesuai kesepakatan)
  5. Akomodasi selama umroh
  6. Perlengkapan dokumen
  7. Pembentukan fisik dan mental melalui manasik haji maupun umroh.
  8. Jaga kesehatan tubuh

Yang paling penting, teman-teman juga harus tahu mau melakukan apa di sana. Doa-doa apa saja yang dibaca, niat apa yang harus dibaca, apa pantangan atau larangan yang tidak boleh kita lakukan di tanah suci. Apa yang harus kita hindari? Apa yang membuat kita tidak aman ketika melakukan perjalanan ibadah di tanah suci?

Teman-teman harus tahu itu semua ya, jangan diremehkan guys.

Soalnya pernah nih ada cerita dari kawan Ayahku yang nekat melakukan umroh backpacker berdua dengan istrinya. Menurutnya, umroh yang dilakukan ini legal, sah di mata negara, baik Indonesia maupun Arab Saudi. Nyatanya? Ia harus mendekam di penjara bersama istrinya selama beberapa waktu karena ditangkap oleh askar karena tidak punya izin umroh di tanah suci.

Nah lho! 

Maka, jangan sampai tergiur deh ya dengan paket umroh tanpa dokumen lengkap dan asal-asalan dengan dalih backpacker. Memang tidak banyak kejadian seperti itu, tapi apesnya orang, siapa yang tahu sih? Kalau tidak ketahuan mungkin itu keberuntunganmu. Tapi kalau ketahuan? Hehehehe..

Hana Tours Siap Menemanimu Beribadah Umroh dan Haji dengan Aman dan Nyaman

Salah satu rekomendasi travel agen dari saya adalah Hana Tours yang beberapa waktu lalu iklannya seliweran nih di instagram saya. Setelah menelusuri bagaimana perizinannya, berapa harganya dan apa saja fasilitasnya, saya baru menuliskan artikel ini. Sipaa tahu bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang sedang merencanakan umroh atau haji.

Hana Tours adalah Travel Agen Umroh Terpercaya dan Resmi Kemenag RI dengan nomor (SKU RI No. 484/2020 | SKH RI No.395 / 2021). Jadi dari segi legalitas, Hana Tours sudah bisa dipastikan legal atas izin Kemenag RI. Kalau ada apa-apa, amit-amit ya, kita tidak perlu khawatir, karena travel agen sudah terdaftar untuk bantuan dari Indonesia pun juga akan lebih mudah nantinya.

Teman-teman bisa menunaikan ibadah umroh di tahun 2024 ini mulai dari 24juta rupiah saja! Tidak hanya itu, banyak sekali bonus yang diberikan oleh Hana Tours nantinya.

Hana Tours merupakan travel umroh resmi dari Ust. Ahmad Al Habsyi yang telah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun dalam melayani dan mendampingi puluhan ribu jamaah dengan track record Zero Cancel. Bayangkan, tidak pernah cancel lho! Jadi kita sudah tahu dong ya kapabilitasnya.

Karena komitmen dari Hana Tours sendiri yakni agar bisa selalu maju dan meningkatkan mutu pelayanan sehingga jamaah akan lebih nyaman dalam beribadah umroh & haji.

Nama lengkap usahanya nih biar teman-teman juga pada tahu : PT. Hana Asia Wisata adalah perusahaan Travel Sunnah yang bergerak di bidang :

  • Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Berizin 484/2020 di Kemenag
  • Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), Berizin 395/2021 di Kemenag

So, tidak hanya dalam penyelenggaraan ibadah umroh, tapi juga ibadah haji khusus dari Kemenag. Komplit kan?

Hana Tours

Contoh harga dan layanan yang diberikan

Selain itu, teman-teman juga tidak perlu lagi bertanya-tanya tentang jadwal keberangkatan. Karena Hana Tours bersifat sangat terbuka dan transparan. Bahkan jadwal keberangkatan mulai bulan November 2024 hingga tahun 2025 besok sudah bisa kita baca di laman websitenya.

Menurut saya ini efektif banget sih untuk orang-orang seperti saya yang tidak bisa begitu saja langsung berangkat. Suami harus mengurus cuti, mengkondisikan anak, dan masih banyak lagi yang harus kita sesuaikan jadwalnya. Nah kalau tahu jadwalnya, jadi lebih mudah kan untuk mengatur waktu kita?

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Jangan lupa kunjungi halaman Hana Tours untuk tahu info selengkapnya ya!