Uncategorized

Pada kajian Ramadan kali ini, ada Ayunda Annisa Rosyidah yang bertugas sebagai pemateri di malam ke-30 bulan Ramadan. Beliau adalah sosok aktivis luar biasa yang sudah tidak diragukan lagi jam terbangnya. Sebagai mahasiswi Pasca Sarjana yang menerima amanah dari Pemerintah, beliau masih bisa mengatur ritmenya sebagai mahasiswi, guru, sekaligus Ibu Rumah Tangga. Luar biasa mendengar […]

Read More

Manusia yang melakukan atau tak melakukan sesuatu karena selain-Nya sesungguhnya bukanlah manusia yang merdeka. Dirinya menghamba pada dunia  100 Hari Melihat Diri – halaman 71 Saya tersentil dengan kalimat tersebut. Sejenak saya berhenti dan memberi tanda khusus pada tulisan tersebut. Bahwa mengapa Bab Niat selalu diletakkan di awal setiap kitab? Dari ribuan hadis mengapa hadis […]

Read More

Ngga kerasa banget setelah beberapa hari ke depan Ramadan pergi meninggalkan kita. Kalau bukan masa pandemi, hari-hari terakhir seperti inilah yang membuat kita haru. Masjid-masjid malah lebih ramai dibanding biasanya, semua ingin mendapatkan keutamaan hari-hari terakhir di bulan Ramadan. Senang rasanya berada di lingkungan seperti itu. Namun, selama pandemi belum berakhir, akhirnya semua harus berpuas diri […]

Read More

Lebaran menjadi momen yang penting bagi banyak orang, khususnya orang Indonesia. Karena salah satu liburan panjang yang diberikan Pemerintah untuk para pekerja adalah pada saat lebaran. Jadi tidak hanya berkah untuk umat Muslim, tapi juga agama lain. Sebelum pandemi menyerang, tentu saja ada banyak pihak yang diuntungkan saat lebaran. Mulai dari UKM hingga pengusaha yang […]

Read More

Aku membuka pintu dan merindukan Ibu Sepatu-sepatu yang disusun rapi di rak menu makan siang yang kusuka telah siap di meja aku beranjak dan menemui masa kanak-kanak  dan tak pernah berpikir meninggalkannya Semakin lama, semakin panjang waktu telah berada memberi jarak aku hanya dekat dengan bayanganku sendiri segelas kopi sebuah asbak, selalu ada yang pertama […]

Read More

Memaknai Tahu Bulat Digoreng Dadakan Sebagai Refleksi Diri di Tengah Pandemi Konspirasi Tahu Bulat – Kenapa bukan tahu datar? Tahuuu bulat~ digorengnya dadakan, 500an.. Saya lupa bagaimana lirik tepatnya. Yang jelas hanya satu kali saat itu saya beli tahu bulat yang sedang hits dimana-mana. Jajanan ramah kantong, mau anak kos, ibu-ibu bahkan sampai lansia. Ini […]

Read More

Suatu hari saya berdoa kepada Allah, dengan sungguh-sungguh dan penuh harap.⁣ Berharap bahwa suatu saat nanti saya berjodoh dengan orang Malang jadi ngga perlu mudik jauh-jauh.⁣ Saking malesnya kalau diajak pergi keluar kota. Kalau bisa keluar kota naik becak, saya akan memilih untuk naik becak. Atau kalau di Mojokerto sudah ada bandara, saya akan memilih […]

Read More

Namanya lebaran, natalan, atau hari raya apapun itu pastinya orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga di satu kesempatan yang tidak datang dua kali dalam satu tahun. Oleh karena itu mudik sudah menjadi tradisi bagi mereka yang mencari penghidupan jauh dari kampung halaman, jauh dari keluarga, sanak saudara, dan mungkin orang-orang terdekatnya. Rasanya sulit untuk […]

Read More

Kira-kira sudah tujuh tahun ya saya termasuk dalam ketagori manusia yang tidak layak menerima salam tempel alias angpao lebaran alias galak gampil. Kalau ditanya apa yang paling dirindukan saat lebaran? Ya saat-saat menerima “salam tempel” itulah waktu yang paling saya rindukan. Tentu saja ini jawaban paling jujur dari hati saya yang terdalam. Hehehe… Selain merindukan saat-saat […]

Read More

Gimana yaa, mau nulis hal-hal drama di keluarga tuh takut bikin baper. Oh bukan sih, aslinya takut ketahuan aslinya hehehe. Karena apa yang sebenarnya ditampakkan di depan orang-orang itu kan biasanya yang baik-baik aja. Begitu juga dengan saya. Tapi karena tantangannya disuruh nulis serial drama keluarga ya sudah apa boleh buat. Hihi… Ada satu kisah menarik antara saya […]

Read More