Sejak menstruasi pertama kali di kelas 3 SMP, Ibu saya sudah mewanti-wanti untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan menjaga organ reproduksi dengan menjaga kebersihan dan kesuciannya. Hampir tiap hari Ibu saya selalu menyuguhkan jamu seperti kunir sirih untuk diminum sebagai usaha menjaga organ reproduksi dari dalam.

Kenapa Sih Harus Menjaga Organ Reproduksi?

cara menjaga organ reproduksi

 

Nenekmu meninggal karena kanker serviks di usia 45 tahun, bukan ngga mungkin sel-sel kanker itu bisa turun ke Ibu atau ke cucu-cucunya. Makanya Ibuk tuh getol nyuruh kalian minum jamu biar organ reproduksi bersihhh dan sehat.

Ternyata itulah alasan mengapa Ibu saya begitu gigih menjaga kami. Meskipun akhirnya di usia 25 tahun saya harus histeroktomi atau operasi pengangkatan rahim karena myoma uteri yang letaknya mengakar di dalam “tempat tidur bayi” alias rahim.

Namanya juga ikhtiar ya, mungkin usaha yang saya lakukan juga kurang. Ditambah faktor pola makan dan hormon selepas menikah. Wah udah deh.. panjang! Mending kita bahas bagaimana cara menjaga organ reproduksi agar kualitas hidup kita juga jadi lebih baik.

Cara Menjaga Organ Reproduksi Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Bagi seorang perempuan baik yang belum maupun sudah menikah, menjaga organ reproduksi jadi hal penting yang harus diperhatikan. Jangan sampai kita tidak tahu atau bahkan tidak mau tahu bagaimana cara menjaga organ reproduksi dengan baik.

Berikut beberapa hal yang bisa kita terapkan sebagai perempuan untuk menjaga kesehatan reproduksi berdasar penjelasan dari ahlinya, yakni salah seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS EMC, yakni dr. Dewi Rochyantini, Sp.OG :

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Seorang teman tiba-tiba mengatakan bahwa dirinya positif punya sel kanker dalam leher serviksnya. Padahal selama ini tidak ada gejala apa pun. Bahkan pemeriksaan kesehatan yang ia lakukan berdasarkan keisengan belaka. Namun siapa sangka hasil tesnya sangat mengejutkan?

Karena masih bisa diatasi akhirnya saat itu juga ia melakukan tindakan untuk pengambilan sel kanker yang belum menyebar dan masih setitik sel saja (begitu katanya). Alhamdulillah.. coba kalau dia telat melakukan pemeriksaan kesehatan? Pasti penanganannya jauh lebih sulit dan kompleks.

Oleh karena itu penting banget ya melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Pemeriksaan yang bisa kita lakukan di antaranya seperti :

  • Pap smear: tes yang dilakukan untuk mendeteksi adanya sel-sel abnormal pada serviks dan memastikan tidak terjadi kanker serviks.
  • Pemeriksaan payudara: perempuan perlu memeriksa payudaranya sendiri secara rutin dan menjalani pemeriksaan payudara secara teratur untuk mendeteksi adanya benjolan atau perubahan pada payudara.
  • Pemeriksaan kanker reproduksi: seperti pemeriksaan ultrasonografi dan tes darah, yang dapat membantu mendeteksi kanker ovarium dan kanker rahim.

2. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Ini benar-benar hal yang sulit di era yang serba mudah seperti sekarang, tapi bukan berarti tidak mungkin. Karena kita bisa memulai untuk membiasakannuya dari sekarang.

Pola hidup sehat yang dimaksud yakni seperti :

  • Mengonsumsi makanan sehat: termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan sumber protein yang sehat seperti daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan.
  • Berolahraga secara teratur: melakukan olahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres.
  • Menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol berlebihan: kebiasaan merokok dan minum alkohol berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi dan menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang berbahaya.

3. Memperhatikan Gejala Kesehatan Reproduksi

jaga kesehatan reproduksi

Sebagai perempuan kita juga harus lebih aware dengan tubuh kita sendiri. Kalau saat menstruasi mengalami nyeri panggul, perdarahan yang tidak wajar dan juga perubahan pada siklus menstruasi harus segera periksakan diri ke dokter. Karena kalau ngga, kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam tubuh kita. Padahal penting untuk tahu apa yang terjadi di dalam kan?

Yuk Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Organ Reproduksi di RS EMC

Bagi teman-teman yang masih bingung dimana dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpengalaman dan bisa berkomunikasi dengan sangat baik bersama pasien, Rumah Sakit EMC adalah salah satu Rumah Sakit yang saya rekomendasikan. Teman-teman bisa mendapatkan konsultasi dan penanganan masalah reproduksi perempuan terbaik.

Rumah Sakit EMC saat ini sudah tersebar di RS EMC Alam Sutera, RS EMC Cibitung, Cikarang, Pekayon, Pulomas, Tangerang, hingga Sentul.

Jangan ragu periksakan kondisi kesehatan kita ya teman-teman, karena kesehatan adalah aset berharga yang harus kita jaga. Semoga artikel ini bermanfaat dan banyak membantu teman-teman soal info kesehatan organ reproduksi wanita ya! Waspada  dengan mengantisipasinya dengan pola hidup sehat yuk!