Apa itu PAFI? Nah, ternyata tidak banyak orang lho yang tahu apa itu PAFI dan peran penting mereka di tengah masyarakat. Yuk langsung saja kita kenalan dengan PAFI dan mengulik lebih jauh tentang organisasi yang satu ini.

Apa Itu PAFI?

Untuk teman-teman yang belum tahu apa itu PAFI, simak yaa!

PAFI Yogyakarta

Jadi PAFI merupakan akronim dari Ahli Farmasi Indonesia yang punya peran sangat penting untuk mendukung kesehatan masyarakat. Mari bayangkan jika kehidupan kita sehari-hari tidak didukung dan juga “dijaga” oleh tenaga kesehatan, termasuk ahli farmasi.

Seperti misalnya berperan aktif dalam menyelenggarakan sosialisasi KIA (Kartu Ibu dan Anak), promosi kesehatan di tengah masyarakat agar lebih aware tentang wabah atau penyakit musiman, dan lain sebagainya.

Sejarah PAFI

Sebenarnya, Ahli Farmasi Indonesia ini sudah ada sejak Proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 lho! Saat itu mereka telah berjuang bahu membahu dengan semua golongan masyarakat, untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia, serta turut aktif mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian ikut serta dalam Pembangunan Masyarakat dan Negara.

Oleh karena itu Ahli Farmasi Indonesia merupakan salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negara. Sebagai salah satu potensi pembangunan sesuai fungsinya, Ahli Farmasi Indonesia disamping tugas keseharian, tetap ikut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat dan juga Farmasi.

Karena setiap orang harus mengambil perannya untuk masyarakat, orang-orang ahli di bidang farmasi dan kesehatan ini kemudian membentuk suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia“ sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat PAFI pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta.

Tujuan Didirikannya PAFI

Peran yang menakjubkan itu tentu saja didasarkan pada tujuan mulia yang ingin diraih bersama-sama. Di antara tujuan didirikannya PAFI sejak awal kemerdekaan hingga saat ini masih belum berubah, yakni:

  • Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia
  • Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh Pafi di berbagai kota dan juga provinsi menunjukkan komitmen Pafi yang serius terhadap kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Keren banget ya? Secara tidak langsung PAFI juga membantu Pemerintah dalam mensosialisasikan program Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan.

PAFI Yogyakarta Jalankan Perannya di Tengah Masyarakat

PAFI YogyakartaSalah satu kegiatan untuk masyarakat yang digelar oleh PAFI adalah sosialisasi KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Sosialisasi KIA tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Pafi (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Yogyakarta yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak.

Dalam kegiatan sosialisasi KIA, Pafi Yogyakarta menyampaikan informasi mengenai pentingnya pemeriksaan rutin selama masa kehamilan, melahirkan di fasilitas kesehatan yang terpercaya, memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan pertama, serta vaksinasi bagi anak-anak.

Sehingga para orangtua akan lebih aware dengan kesehatan anak-anaknya setelah mengetahui apa yang seharusnya dilakukan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Semoga apa yang dilakukan PAFI Yogyakarta dapat menginspirasi yang lainnya yaa.

Untuk kegiatan lain dari PAFI Yogyakarta bisa langsung kunjungi laman web mereka di sini yaa : https://pafiyogyakartakota.org/