Belajar Bijaksana dari “The Little Prince”

“But eyes are blind. You have to look with the heart”
“Tapi mata itu buta.  Anda harus melihat dengan hati ”

Kisah Pangeran Kecil awalnya muncul sebagai cerita sederhana yang mungkin akan membosankan. Namun siapa sangka ternyata Pangeran Kecil ini sangat bijaksana. Bahkan orang dewasa pun banyak yang tidak sebijaksana Pangeran Kecil ini. Pesan-pesannya tentang belas kasih dan niat baik akan membuatnya tetap bertahan menjadi sebuah buku bacaan rujukan bagi anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Melalui serangkaian kutipan, dia mengajarkan kita tujuh pelajaran hidup yang sangat berharga bagi kita, pembacanya.
1. Jangan terlalu menyukai angka. Karena angka-angka itulah nantinya yang akan merusak imajinasi dan pencapaian kita sebagai manusia. Angka hanya lah angka, tak bermakna apa-apa.
2. Jaga planet ini. Siapa lagi yang akan menjaga planet ini kalau bukan kita manusia penghuni di dalamnya?
3. Jangan menilai orang lain dengan kata-kata mereka tetapi dengan apa yang mereka lakukan.
4. Hubungan membuat hidup lebih berharga. Tentu saja, tidak ada yang lebih menyedihkan dibanding hidup dalam kesendirian.
5. Hal-hal penting dalam hidup yang tidak bisa kita lihat dengan mata, namun hanya bisa dilihat dengan hati.
6. It is the time you give to something that makes it precious. Inilah saatnya kita diuji dengan hal berharga yang kita punya.
7. Ingatlah untuk menatap bintang-bintang.

“Stars mean different things to different people. For travellers, stars tell them where they are,where they are going. For others,they are just little lights in the sky. For scholars they are the world of the unknown, yet to be discovered and understood. For businessman,they are gold. But all stars stay silent.And you? No one else in the world will see the stars as you do. For you and only for you, the stars will always be laughing”

“Bintang sangat berbeda artinya pada tiap-tiap pikiran. Bagi para pelancong, bintang memberi tahu mereka di mana mereka berada, kemana mereka pergi. Bagi yang lain, mereka hanyalah cahaya kecil di langit. Bagi para cendekiawan, mereka adalah dunia yang tidak dikenal, belum ditemukan dan dipahami. Bagi pebisnis, mereka adalah  emas. Tapi semua bintang tetap diam. Dan kita? Tidak ada orang lain di dunia yang akan melihat bintang-bintang seperti kita. Untukmu dan hanya untukmu, bintang-bintang akan selalu tertawa”

Buku ‘Pangeran Kecil‘ diberikan kepada saya sebagai hadiah.  Siapa saja dapat memberi seseorang hadiah, tetapi berapa banyak dari kita yang diberikan hadiah lalu membuat kita duduk dan mengevaluasi apa yang benar-benar penting dalam hidup.

Setelah membaca buku ini tiba-tiba saya ingin meluangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih dari lubuk hati saya yang paling dalam untukmu teman yang sangat berharga. Yang membuat saya ingat bahwa ketika saya melihat bintang-bintang, bintang yang paling terang akan menjadi pengingat tentang arti persahabatan sejati. Terus bersinar disana ya!

Dibaca ulang untuk yang ketiga kalinya dan selesai pada 20 September 2019.

The Little Prince, Wordsworth Edition
Author : Antoine De Saint Exupery.
Published by Wordsworth 1995, 109 pages.

Rate : 4/5

3 comments

    • Prajna Patriani on September 22, 2019 at 1:32 am

    Reply

    Saya juga mau dihadiahi buku *hloohhh 😄😄

    • Nining Purwanti on September 23, 2019 at 5:35 pm

    Reply

    Lengkap review-nya, jadi pengen ikutan baca. Terima kasih rekomendasinya, Kak.

    • Retno Jumirah on September 26, 2019 at 8:45 am

    Reply

    Ini salah satu review bukunya mbak e wahhhhh kecehhh lahhhh

Leave a Reply