Camilan Praktis Untuk Berbuka

Buka puasa identik dengan takjil. Menurut KBBI takjil adalah mempercepat (berbuka puasa). Secara bahasa, takjil adalah kata serapan dari bahasa Arab yang berasal dari kata ‘ajjala yang artinya segera. Kemudian menjadi kata kerja yang dibendakan sehingga menjadi takjil yang berarti menyegerakan. Karena dalam berbuka puasa memang dianjurkan untuk menyegerakan berbuka/membatalkan puasa. Tidak boleh berlama-lama ditunda.

Biasanya menu takjil hampir selalu terasa manis, katanya sih untuk mengganti ion-ion dalam tubuh serta kadar gula dalam tubuh setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Diharapkan energi akan cepat terpulihkan dengan minuman dan makanan yang manis. Menu andalan untuk membatalkan puasa ini biasanya es sirup dan kurma. Baru setelah itu beranjak ke makanan ringan atau langsung ke makanan berat.

Namun rasanya hampa ya kalau buka puasa tidak didampingi camilan sebelum menunaikan salat Maghrib dan menyantap makanan berat. Beberapa camilan yang biasanya saya suguhkan di atas meja makan saat berbuka yaitu seperti :

Tahu Sutra

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa tidak baik takjil dengan gorengan, namun yang namanya generasi micin gorengan adalah camilan wajib yang harus ada di meja makan. Saya selalu punya stok tahu sutra yang dalamnya lembut dan fluffy lalu bagian luar sangat krispi. Meskipun tidak setiap hari saya hidangkan, namun tahu sutra tetap menjadi camilan favorit keluarga kami.

Kentang Goreng

unsplash.com/@jcgellidon

Nah kan, gorengan lagi. Hehe. Tapi kentang goreng ala McD adalah camilan paling digemari setelah hidangan tahu sutra. Kami membuat sendiri kentang gorengnya, tentu saja. Bukan kentang frozen yang tinggal cemplung. Jadi bebas dari bahan pengawet, pemutih, atau apapun itu yang membahayakan.

Kering Tempe

Kering tempe yang biasanya dibuat untuk campuran lauk pauk ketika makan besar, di meja kami perannya berubah menjadi camilan. Kering tempe adalah irisan tempe tipis-tipis yang digoreng lalu dicampur dengan irisan kentang goreng yang tipis-tipis pula, dan diberi bumbu balado, lalu diberi cuka sedikit untuk menambah rasa asam. Rasanya krenyes dan memang cocok untuk dibuat cemilan. Anggap saja cemilan sehat pengganti potato chips atau jajanan bermicin lain. Selain orang dewasa, anak-anak juga doyan banget dengan hidangan satu ini.

Donat Kentang

unsplash.com/@isaacquesada

Kami menganggap donat kentang adalah camilan. Sehingga tak jarang saya juga menyajikan hidangan ini di atas meja makan sebelum menyantap nasi dan kawan-kawan. Selain rasanya yang manis, juga sedikit mengenyangkan. Jadi kita bisa melaksanakan salat Maghrib terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan utama.

Pudding Susu

unsplash.com/@wesual

Pudding susu adalah salah satu hidangan yang juga sering saya buat baik sebagai pencuci mulut maupun sebagai hidangan pembuka. Rasanya yang manis dengan segera mengisi lidah kita yang seharian tidak mencecap satupun rasa. Selain rasanya yang segar dan manis, puding susu juga aman untuk lambung yang kosong. Apalagi ditambah olesan fla di atasnya. Tampilannya yang cantik mendukung rasanya yang juara. Apalagi cara membuatnya tidak perlu susah-susah. Cukup didihkan air lalu dicampur puding susu kemasan, lalu dicetak dalam loyang. Setelah dingin masukkan ke dalam lemari es. Sajikan dalam keadaan dingin lebih menyegarkan.

Edamame

unsplash.com/@curtavirus

Bukan hanya camilan yang menyehatkan karena kaya protein. Namun edamame juga punya rasa gurih dan tidak terlalu mengenyangkan. Sehingga mau dimakan kapan pun, baik sebelum maupun sesudah makan utama tidak masalah. Apalagi edamame adalah cemilan enak yang terkenal dengan kandungan antioksidan, bebas gula, rendah kalori serta tidak mengandung kolesterol. Sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung serta pencegahan kanker. Cara mendapatkannya pun mudah. Saat ini edamame banyak dijumpai di pasar maupun supermarket. Praktis, tinggal dihangatkan atau dimakan dingin-dingin.

Nah, mulai dari camilan tidak menyehatkan dan menyehatkan semua pernah saya coba. Apa nih kira-kira camilan yang biasa teman-teman buat di rumah selama buka puasa? Share yuk!

#BPNRamadan2020

    • Arif SW on May 7, 2020 at 2:33 pm

    Reply

    Edamame itu apaan ya kak? Kok baru denger saya.
    Camilan berbuka di Surabaya sini gak aneh-aneh sih. Cukup gorengan 2 sudah cukup.

    1. Reply

      Sayur2an kak. Kayak kacang kedelai gitu rasanya. Eh iya harusnya aku cantumkan gambarnya juga ya
      .

  1. Reply

    Sahabat saya ada yang jualan puding susu sedot. Emang enak banget jadi takjil. Untung baca postingannya udah berbuka hehe

    1. Reply

      oh ya kayaknya saya kenal

    • Roemah AuRa on May 7, 2020 at 8:03 pm

    Reply

    Aku belum pernah nyobain edamame itu. Jadi penasaran gimana rasanya. Kalau kami menu berbuka seringnya menu masakan palembang pemepek, tekwan dan sejenisnya.

    1. Reply

      kapan2 cobain yuk mba. Btw aku sukaa mpek2 juga ehhehe tapi di sini yang asli hampir ngga ada. Lainnya imitasi, keras kayak sendal swallow

    • Mas Ito on May 7, 2020 at 8:05 pm

    Reply

    Kalau saya dan istri buka dan sahur pakai air rendaman kurma. Benar benar awet. Gak mudah laper

    1. Reply

      air nabeez yaah. Kalau saya air nabeez biasanya untuk sahur Mas. Biar awet sampai siang hehehe

    • Nebula on May 7, 2020 at 8:48 pm

    Reply

    Kolak is my favorite food mbak, karena makanan ini adalah ciri khas pada bulan ramadhan. Selain buah yang terdapat didalam kolak yang enak, kuahnya juga menyegarkan ketika masuk lewat tenggorokan.

    1. Reply

      Wah iya ya mbak sayangnya aku ngga suka kolak. Selain karena memang ngga suka olahan santan, bikinnya juga kayaknya butuh banyak waktu yah. Tapi masalah selera sih ya

    • S E N J A on May 7, 2020 at 9:55 pm

    Reply

    Wkwkwkwk puding susu sedot cocok dihidangkan bersama edamame lho. Oh ya brownies kukus juga bisa menjadi sajian santap kudapan berbuka, bisa instan merk nutri cake

      • jeyjingga on May 7, 2020 at 10:50 pm
      • Author

      Reply

      Brownies tadinya mau kumasukin tapi sungkan ah, wkwkwkwk

  2. Reply

    Saya kalo ngerebus edamame, itu sebakul bisa dihabisin sendiri. Hahaha. Kadang rebutan sama anak perempuan saya yang 4 tahun. Dia sejak MPASI udah suka banget makan edamame rebus. Bikinnya juga simpel banget. Tinggal cemplungin air, dan rebus sebentar, kasih sedikit garam saat direbus.Mmm yummy.

      • jeyjingga on May 7, 2020 at 11:15 pm
      • Author

      Reply

      Hahaha iyaa mbaa memang enak yah. Aku dulu ngga suka. Tapi sejak punya anak, jadi sukaa. Wkwkwkw

    • Rozi on May 7, 2020 at 11:14 pm

    Reply

    paling suka berbuka puasa dengan pudding apapun itu tapi kali ini saya baru tau ada pudding susu.. wah patut di coba ini untuk berbuka puasa nanti

      • jeyjingga on May 7, 2020 at 11:15 pm
      • Author

      Reply

      Masa sih mas? Haha ini ada instannya lho. Di toko2 banyak yg jual. Cari aja pudding susu gitu. Praktis tinggal rebus sama air. Hehehe. Selamat mencoba

  3. Reply

    Kalau saya dari kecil biasa buka pakai kurma sama es cendol kak. Baru makan berat setelah tarawih hehehe

  4. Reply

    Kalau saya urutan pertama pasti : Risol. Kedua, sop buah 😁. Tapi hari ini mau bikin puding susu juga. Niat hati puasa mau sekalian diet tapi kayaknya nggak bisa, hahaha.

  5. Reply

    Kalau saya paling sering gorengan (pisang, tahu, tempe), kadang kurma juga. Kalau anak-anak, begitu bedug minum air putih terus langsung makan nasi

  6. Reply

    Hidangan takjilnya mudah dan cepat ya.. Kapan kapan coba bikin dalgona coffe deh kak sama pie susu teflon biar lebih beragam takjilnya

    • Shafira Adlina on May 8, 2020 at 3:01 pm

    Reply

    edamame emang paling enak dan gampang. duh udah lamablm beli edamame. btw itu kenapa gambarnya edamame kaya digoreng deh mbak?

    • Shafira Adlina on May 8, 2020 at 3:06 pm

    Reply

    tes

    • Lidia on May 8, 2020 at 7:09 pm

    Reply

    Di meja makan saya kalau berbuka ga lepas dari gorengan mb hiks. Meski ada menu berbuka yang lain gorengan pasti selalu ada. Sulit banget ya menghilangkan kebiasaan itu. Wah kapan-kapan harus dicoba juga nih menu buka puasa k jingga.

    1. Reply

      Hihi sama mbaa. Semua penggemar gorengan

    • Nurhilmiyah on May 8, 2020 at 8:39 pm

    Reply

    Pinisirin deh ama Edamame, tfs Sis, nyoba gugling jg ah biar bikin ini jg buat takjilan di rumah. Kl puding susu br aja buat kemaren

    1. Reply

      Sama-sama kak. ❤️

  7. Reply

    Kentang goreeeeeeeng, wkwkwkwkw ibuku beli kentang frozen sampe 5 kg dan menuh menuhin kulkas wkwkwkwk efek anaknya yang habis taraweh harus nyemil hiihihi

    1. Reply

      Samaaa mb. Paling favorit ituu ya kann 😅😅

  8. Reply

    Wah, kalau saya terima bersih langsung dari emak saya. Soalnya nggak jago masak, tapi saya biasanya sukanya berbuka dengan kurma.

  9. Reply

    Donat kentang juga favorit saya sama si kecil, hehe. Apalagi rasa coklat, dia gak mau bagi-bagi lagi Mbak kalau udah makan wkwkw

  10. Reply

    edamame itu kayak apa? hihihi belum pernah coba. Asalnya dari mana ya mbak Jihan? aku kalau buka wajib ada es.

      • jeyjingga on May 9, 2020 at 10:36 pm
      • Author

      Reply

      kayak yang di gambar mba hihi. Sama dong, aku juga wajib es. akhir2 ini emang panas banget sih ya.

  11. Reply

    bukan orang indonesia kalo berbuka enggak ada gorengan wkwkwk. saya sama suami kebiasaan begitu. tapi sudah berubah sih untuk perbanyak buah. udah lama banget enggak makan edamame, jadi kangen hihi. makasih mba sharingnya

  12. Reply

    Favorit nih donat kentang, di kulkas ada nih. Anak saya makan donat kentang, sekali waktu bisa langsung habis 2 donat

  13. Reply

    Aku paling ngiler di pudingnya nih mbak Han. Hehehe. Ngomongin makanan di jam-jam kritis berpuasa itu sesuatu banget, hihihi

  14. Reply

    Sebagai pecinta gorengan ayo angkat tangan tinggi2.
    Karena es dan gorengan selalu ada disetiap menu buka puasa saya juga kak

    • Queen Junee on May 9, 2020 at 1:40 pm

    Reply

    Paling suka Kentang Goreng, tapi blm pernah nyoba edamame.

    Pengen nyoba rasanya seperti apa.

  15. Reply

    Cemilan berbukanya mengundang selera banget nih …. Tp saat berbuka, sepotong saja serasa sudah cukup ya. Sebaiknya makan bertahap saat berbuka. Tidak boleh langsung kalap.

Leave a Reply