Hadis Delapan, Ajakan Bersyahadat dan Salat

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ

رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ.

Hadis Kedelapan

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berkah untuk diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka telah melakukan hal itu, akan terjagalah darah-darah dan harta-harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, sedangkan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah.”

(HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 25 dan Muslim, no. 21]

Faedah Hadis dan Kandungannya :

  • Biografi Abdullah bin Umar bin Al Khattab radhiallahu anhu. Beliau adalah seorang sahabat Nabi, begitu juga dengan ayahnya. Beliau termasuk ulama’nya para sahabat, mufitnya, dan yang zuhud diantara mereka. Beliau termasuk yang menghindar pada masa fitnah. Yaitu masa peperangan antara Ali dan Muawiyah (perang Shiffin). Namun setelah nyata kebenaran berada di pihak Ali, beliau menyesal karena tidak ikut perang bersama Ali. Begitu juga saat perang antara Ali dan Aisyah (perang Jamal). Beliau dilahirkan satu tahun sebelum diutusnya Nabi Muhammad. Masuk Islam bersama ayahnya di Mekkah pada saat masih kecil dan hijrah ke Madinah bersama ayahnya. Beliau membebaskan 1000 budak, bahkan lebih. Banyak bershadaqah dan paling mengerti tentang manasik. Pernah disebutkan beliau haji 60x dan umroh 1000x serta menginfaqkan 1000 kuda pacu untuk jihad fi sabilillah. Beliau wafat dalam usia 86 tahun. Memberikan fatwa selama 60 tahun. Wafat di Mekkah pada tahun 73 H. Beliau meriwayatkan 1630 hadis dari Nabi yang disepakati oleh Bukhori Muslim sebanyak 170 hadis. Sedangkan yang diriwayatkan oleh Bukhori saja tanpa Muslim sebanyak 80 hadis, dan diriwayatkan Muslim saja 31 hadis.
  • Untuk memahami hadis ini kita harus mengetahui tahapan dakwan Nabi, yaitu :
  1. Dakwah Sirriyah (sembunyi-sembunyi) selama tiga tahun di awal Islam.
  2. Dakwah Jahriyah (terang-terangan) tanpa perang sampai hijrah selama 10 tahun.
  3. Dakwah terang-terangan disertai melayani perang. Siapa yang memulainya semenjak hijrah ke Madinah sampai perjanjian Hudaibiyah tahun 6 H, selama 6 tahun (hijrah defensif).
  4. Dakwah terang-terangan disertai memerangi siapa saja yang menghalangi jalan dakwah.

Lalu ada pertanyaan, Apakah orang memang wajib masuk Islam saat itu? Hadis ini mungkin seakan-akan seperti itu, padahal tidak. Karena saat Islam menguasai suatu negeri, mereka diberi pilihan : masuk ISlam atau tetap kafir dengan catatan : membayar jizyah (upeti).

  • Ketika Islam menguasai suatu wilayah maka penduduk negeri tersebut diajak untuk masuk Islam. Jika tidak mau maka mereka tetap boleh menjadi nonmuslim tapi harus tunduk kepada aturan yang ada dan membayar jizyah/upeti.
  • Orang yang sudah masuk Islam wajib melaksanakan rukun Islam.
  • Orang yang pura-pura masuk Islam dan mengamalkan Islam secara dhahir (tampak) sedang batinnya kafir, maka urusannya diserahkan pada Allah dan ia termasuk orang munafik.
  • Kita hanya menghukumi dhahir saja, sedangkan batin kita serahkan pada Allah.

disarikan dari catatan Mulazamah bersama Ustadz Abdullah Al Hadrami, murid dari Syaikh Ustaimin rahimahullah. 

Index Hadis Arbain

  1. Mengenal Imam An-Nawawi
  2. Hadis Satu (Niat)
  3. Hadis Dua- Iman, Islam, dan Ihsan
  4. Hadis 3 dan 4; Rukun Islam & Rahasia Takdir
  5. Hadis Kelima, Amalan dan Muammalah yang Tertolak
  6. Hadis Enam, Syubhat
  7. Hadis Tujuh, Agama adalah Nasihat
  8. Hadis Delapan, Ajakan Bersyahadat dan Salat

Leave a Reply